Pengertian Web Publishing

web publishing

Web Publishing atau penerbitan web atau dapat disebut penerbitan online adalah proses penerbitan konten di Internet. Ini termasuk membuat dan mengunggah konten ke situs web, memperbarui halaman web, dan membuat posting blog secara online. Konten yang dipublikasikan dapat berupa teks, gambar, video, dan jenis media lainnya.

Web Publishing (penerbitan web)

Untuk mempublikasikan konten di web, setidaknya memerlukan tiga hal, yaitu:

1. Perangkat lunak pengembangan web. Perangkat lunak tersebut dapat berupa program desain web profesional seperti Dreamweaver atau antarmuka berbasis web sederhana seperti WordPress.

2. Sambungan Internet. Koneksi internet berfungsi sebagai media untuk mengupload konten ke web server.

3. Server web. Situs besar dapat menggunakan host web khusus , tetapi banyak situs kecil sering berada di server bersama, yang menghosting banyak situs web. Kebanyakan blog diterbitkan di server web publik melalui layanan gratis seperti Blogger.

Karena Web Publishing atau penerbitan web tidak memerlukan materi fisik seperti kertas dan tinta, hampir tidak ada biaya untuk menerbitkan konten di web. Oleh karena itu, siapa pun yang memiliki ketiga persyaratan di atas dapat menjadi penerbit web.

Selain itu, pembaca tidak terbatas karena konten yang diposting di web dapat dilihat oleh siapa saja di dunia dengan koneksi Internet. Keuntungan dari penerbitan web ini telah membawa ke era baru penerbitan pribadi yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.

CATATAN: Memposting pembaruan di situs web jejaring sosial atau media sosial seperti Facebook, Twitter dan sejenisnya, umumnya tidak dianggap sebagai penerbitan web. Sebaliknya, penerbitan web umumnya mengacu pada mengunggah konten unik ke situs web.

Lentera Kecil Grup merupakan sebuah Web Publishing karena penerbitan konten di Internet melalui sebuah website atau blog.

 

Pengertian Web Publishing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.